.fiets.sepeda.bike. part 1

20 03 2008
Saya akan bercerita lagi tentang kehidupan sehari2 di belanda. Hmm salah satu faktor penting dalam kehidupan berbelanda adalah fiets alias sepeda. Hal yang menarik dalam masalah persepedaan adalah jumlahnya yang bersaing dengan jumlah penduduk belanda itu sendiri. Saya tidak menemukan data pasti, namun jumlahnya berkisar 1:1. berarti 1 orang penduduk belanda memiliki 1 buah sepeda. Berarti kalo penduduknya 16 juta orang, sepeda dalam negeri mungil ini ada sekitar 16 juta buah sepeda!!.
Kenapa sih orang2 milih naik sepeda? Kalo saya sendiri kenapa naik sepeda karena MURAH!! Dengan tiket trem yang berkisar 1 euro/zone/jam. Dengan naik sepeda saya bisa menghemat puluhan euro dalam sebulan. Lumayan bisa buat jalan2 ke luar negeri. Hehehe. Sepeda bekas juga bisa didapat dengan hara yang variatip. Di delft anda bisa mendapatkan sepeda yang tidak sedap dipandang mata dan sudah bersuara merdu (klonteng.. greseeeeekkk… dah kaya 100m lagi protol semua tuh sepeda) dengan harga 30 euro saja. Kalo di den haag,sedikit lebih keliatan sepedawi bisa didapat dengan harga 50 euro. Buka aja marktplaats.nl banyak penawaran sepeda yang berlaku layaknya ebay!! Bidding gitu deh. Atau bisa juga beli di bengkel2 sepeda. Biasanya mereka benerin sepeda rusak. Nah beli aja sepeda refurbish itu.

Alasan yang kedua adalah kota di belanda kecil2 contohnya den haag yang notabene salah satu kota besarnya belanda, Sampe scheveningen Cuma 8 kilo dari rumah saya. Sampe delft juga Cuma 9 kilo. Sungguh tidak terasa jika ditemenin kroncong protol dari bondan prakoso. (sampe scheveningen kakinya yang protol.. hahhaaha)
Alasan ketiga udaranya enak,polusi tidak terasa. Bukan bermaksud nyombong atau gmana, tapi emang udaranya enak,dingin2 nikmat. Serasa ga di jakarta. Halah. Apa sih. Yah tapi ga jarang juga gw kena apes ujan es lah, angin gede banget yang bisa membuat lo berhenti bahkan mundur sepedanya. Atau pernah juga di combo, udah ujan ,becegh, ga ada ojegh… halah.. maksud gw udah ujan es, angin berlawanan arah, lupa pake long john, syal ketinggalan.. nyikkkksaaaaaaaa!!!!
Alasan keempat adalah nyaman. Sepeda termasuk didahulukan. Pengendara sepeda punya jalur sepeda sendiri. Ditunjukan dengan lintasan dengan lebar sekitar 1,5-2 meter bercat merah dengan ada gambar sepedahnya. Jangan khawatir diserobot truk (karena emang ga muat jalurnya untuk truk) hahaha. Sampah banget penjelasan gw. Ga ada pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya di jalur sepeda. Pokoknya nyaman. Tapi ati2 kalo ada pengantar pizza lewat. Mendingan minggir dikit deh. Itu pizza dah ugal2an aja (katanya sih kalo telat si pengantar yang harus bayar, makanya ugal2an).

Alasan kelima. Bisa berenti kapanpun dimanapun. Contohnya yang sedang saya sering lakukan adalah berhenti untuk memberikan roti jamuran kepada bebek adus kali nututi sabun wangi. (arghhh ga jelas banget…) iyah dari pada roti2 yang telat dimakan itu saya buang mending bagi2 rejeki ke bebek2 yang berlalu lalang di kanal2. geal geol tumplak tumblung teat teot. Hahahaha
nantikan posting berikutnya mengenai keahlian orang belanda bersepeda!!


Actions

Information

5 responses

21 03 2008
amril

Fik..
uda lama gw ga brkunjung ke blog lu

berhubung banyak yg baru

males bgt bacanya

jdnya gw pengen nyampah dulu yaaa

hehehehehehe

28 03 2008
radit

hahahaha
lucu fik
jadi makin pengen ke sana..
makasih y

30 03 2008
jelita alamanda

hati2 nabrak orang yang lagi nyebrang fik…!

(ada juga gw wkt kmaren ga liat-liat pas mo nyebrang… ampir ditabrak sepeda hehe)

11 04 2008
fikri Anggara Putra

*semua:
ayo kita bersepeda bersama2.

16 05 2008
guciano

gue juga dgr cerita tante gue spt yg lo ceritain Fik
sejarahnya gmn tuh Fik bs beken gitu sepeda di sana?
emang dr dulu atau ada gerakan pemerintah gt buat mempopulerkan sepeda (dan mengurangi polusi)?

Leave a comment